Rapat Koordinasi Sensus Penduduk online Th 2020 Se-Kecamatan Brangsong

Kabar Desa PEMERINTAHAN

Kertomulyo.desa.id-Dalam rangka mensuseskan program nasional yaitu Sensus Penduduk Serentak tahun 2020 (SP2020), Camat Brangsong Bpk Drs. Bambang DJoko pitono, menyatakan dukungan dan siap mempublikasikan kepada masyarakat pelaksanaan dan pentingnya mengikuti Sensus Penduduk (SP) 2020. akan di awali dengan pelaksanaan sensus secara online yang di mulai pada tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020.

 

 

 

 

 

 

 

 

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Kecamatan Brangsong  Bapak Drs. Bambang Djoko Pitono beserta jajaran,Kapolsek Brangsong di wakili oleh Anggota Babinkantibmas Brangsong,dan Koramil Brangsong di wakili oleh Anggota Babinsa.Narasumber dari BPS Kabupaten Kendal ibu Nuris Samak.Sedangkan undangan di ikuti oleh Perangkat Desa  Se-Kecamatan Brangsong atau pun yang mewakili.dari dua belas desa Yaitu ;

  1. Desa Kertomulyo
  2. DesaPurwokerto
  3. DesaBrangsong
  4. Desa Sidorejo
  5. Desa Kebonadem
  6. Desa Tosari
  7. Desa Tunggulsari
  8. Desa Rejosari
  9. Desa Sumur
  10. Desa Penjalin
  11. Desa Blorok
  12. Desa Turunrejo

Diharapkan dengan adanya rapat koordinasi ini Kepala Desa ,maupun jajarannya yang hadir dapat ,mensosialisasikan kepada staf yang ada di kantor masing-masing serta dapat juga mensosialisasikan kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi mengisi data dalam kegiatan sensus penduduk online 2020.

Hal itu dikemukakan saat rapat koordinasi sensus tingkat kecamatan yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kendal bersama Forkopimcam di pendopo kantor kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal, Rabu (19/2/2020).

“Tentunya kami akan dukung penuh kegiatan ini, dan akan kami awali dari pegawai kecamatan dan pemerintah desa  untuk selalu jalin sinergi dengan pihak terkait dalam sosialisasi sensus penduduk online di wilayah Kecamatan Brangsong,” kata Drs.Bamabang joko pitono.

Selain itu, sebagai warga negara Indonesia, pihaknya juga mengajak kepada Instansi Kecamatan dan perangkat desa dan anggota Polisi di wilayah setempat dan keluarga untuk mengikuti Sensus Penduduk 2020 secara online.

Camat Brangsong Bambang Djoko pitono mengapresiasi kegitan yang diadakan oleh BPS.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh BPS ini, semoga Sensus Penduduk 2020 berjalan baik,” ucap Camat Brangsong.

Camat Brangsong berharap kepada peserta rapat koordinasi bisa mengikuti kegiatan dengan baik mulai dari awal sampai akhir.

“Bila ada hal yang tidak dimengerti harap ditanyakan kepada nara sumber,” kata Camat Brangsong.

Adapun tata cara pengisian SP2020 Online. Pertama, masuk ke situs sensus.bps.go.id menggunakan perangkat telepon genggam, komputer, maupun tablet yang terhubung dengan jaringan internet.

Kemudian pilih Bahasa dan masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) dengan lengkap lalu masukkan kode yang muncul di bawah No. KK dan klik ‘Cek Keberadaan’. Setelah berhasil buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan.

Lalu klik ‘Buat Password’ untuk pengamanan data yang sudah dicatatkan pada SP Online.

Selanjutnya masukkan kata sandi yang sudah dibuat tadi lalu klik ‘Masuk’. Setelah berhasil masuk, bacalah panduan awal pengisian SP Online.

Setelah dibaca klik ‘Mulai Mengisi’ dan selanjutnya ikutilah pentunjuk serta jawablah seluruh pertanyaan dengan jujur dan benar. Seletah semua terjawab, pastikan status data setiap anggota keluarga ’Sudah Update’.

Lalu klik ‘Kirim’ kemudian unduh bukti pengisian dan selesai pengisian SP2020. Informasi kependudukan Anda sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan Indonesia.

Periode SP Online dimulai pada 15 Februari – 31 Maret 2020 dan bagi penduduk yang belum mengikuti SP Online akan didatangi petugas sensus untuk melakukan SP Wawancara dengan menggunakan HP/Tablet atau kuesioner kertas selama bulan Juli 2020 mendatang.

(adm Ds. Muh jamali )

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar Anda