Persyaratan Pendaftaran Perangkat Desa Kertomulyo Kec. Brangsong Kab. Kendal Tahun 2021

PENJARINGAN DAN PENYARINGAN PERANGKAT DESA KERTOMULYO
FORMASI JABATAN :
KAUR KEUANGAN TAHUN 2021

Diinformasikan kepada warga masyarakat Desa bahwa Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Kertomulyo membuka pendaftaran Perangkat Desa untuk Formasi Jabatan Kaur Keuangan dengan syarat sebagai berikut :

A. PERSYARATAN UMUM
Yang bisa mendaftar menjadi Bakal Calon Perangkat Desa adalah Penduduk Desa setempat, Warga Negara Republik Indonesia yang :

1 Surat lamaran permohonan menjadi Perangkat Desa yang ditulis tangan oleh yang bersangkutan yang ditujukan kepada Tim Penyaringan dan Penjaringan Perangkat Desa (TP3D) diatas kertas bermeterai cukup.
2 Foto Copy Kartu Tanda Penduduk yang di legalisasi oleh Pejabat yang berwenang
3 Foto Copy Akte Kelahiran yang dilegalisasi oleh Pejabat yang berwenang
4 Foto Copy Ijazah pendidikan dari tingkat dasar sampai dengan ijazah terakhir yang dilegalisasi  oleh Pejabat yang berwenang atau surat pernyataan diri dari pejabat yang berwenang.

Apabila tidak dapat menunjukkan ijazah / STTB yang asli karena hilang, maka sebagai pengganti dibuktikan dengan :

a.   Surat keterangan kehilangan dari Kepolisian

b.   Surat keterangan diatas kertas bermeterai cukup dari kepala Sekolah yang bersangkutan dan disahkan oleh kepala Dinas Pendidikan setempat dimana sekolah tersebut berada diwilayahnya, atau bagi lulusan Perguruan Tinggi harus ada surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan atau Koordinator Perguruan Tinggi Swasta setempat atau Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam, yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar-benar telah lulus pendidikan di sekolah yang dipimpinnya atau perguruan tinggi yang bersangkutan dan dilengkapi dengan tanggal dan nomor ijazah.

Dalam hal ijazah pelamar yang rusak, harus dilengkapi dengan surat keterangan di atas kertas bermeterai cukup dari Kepala Sekolah yang bersangkutan dan disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan setempat, dimana sekolah tersebut berada diwilayahnya, atau bagi lulusan perguruan tinggi harus ada surat keterangan dari Perguruan tinggi yang bersangkutan atau Koordinator perguruan Tinggi swasta atau Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam setempat yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar-benar telah lulus pendidikan disekolah yang dipimpinnya atau perguruan tinggi yang bersangkutan dan dilengkapi dengan tanggal dan nomor ijazah dengan melampirkan foto copy ijazah yang rusak.

5 Surat pernyataan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dibuat oleh yang bersangkutan diatas kertas bermeterai.
6 Surat pernyataan memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinika Tunggal Ika, yang dibuat oleh yang bersangkutan diatas kertas segel atau bermeterai cukup.
7 Surat keterangan berbadan sehat dari Puskesmas
8 Surat keterangan bebas zat narkoba dan psikotropika dari Dokter Rumah Sakit Umum Daerah
9 Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri bahwa tidak sedang menjalani hukuman penjara dan tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih.
10 Surat berkelakuan Baik yang dibuktikan dengan surat keterangan catatan dari kepulisian
11 Surat pernyataan berkelakuan baik, jujur dan adil dari yang bersakutan diatas kertas bermeterai cukup
12 Surat pernyataan tidak sedang menjadi pengurus dan / atau anggota partai politik dari yang bersangkutan diatas kertas bermeterai cukup.
13 Surat pernyataan tidak sedang menjadi pengurus dan / atau anggota organisasi terlarang dari yang bersangkutan diatas kertas bermeterai cukup.
14 Surat ijin tertulis dari Pejabat Pembina Kepegawaian bagi Pegawai Negeri Sipil.
15 Surat ijin tertulis dari atasan bagi Anggota Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia, Pegawai Badan Usaha Milik Negara dan / atau Pegawai Badan Usaha Milik Daerah.
16 Surat ijin tertulis dari Bupati bagi anggota BPD
17 Surat ijin tertulis dari Kepala Desa bagi Perangkat Desa
18 Surat pernyataan mampu mengoperasionalkan Komputer dari yang bersangkutan diatas kertas bermeterai cukup atau sertipikasi dari lembaga yang berwenang
19 Surat pernyataan bersedia untuk bertempat tinggal di desa setempat apabila diangkat menjadi Perangkat Desa, dari yang bersangktan diatas kertas bermeterai cukup
20 Surat pernyataan besedia untuk bertempat tinggal di wilayah yang bersangkutan apabila diangkat menjadi Perangkat Desa Unsur Pelaksana wilayah, dari yang bersangkutan diatas kertas bermeterai cukup
21 Surat Pernyataan bersedia dicalonkan sebagai Perangkat Desa dari yang bersangkutan diatas kertas bermeterai cukup.
22 Foto berwarna ukuran  4 X 6 sebanyak 2 (dua) lembar
23 Berkas dibuat rangkap 2 ( dua )

C. KETERANGAN LAIN

  • Pendaftaran dibuka mulai tanggal 24 May sampai 3 Juni 2021 Pukul 08.00 – 15.30 WIB. Bertempat di Sekretariat Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Di Balai Desa Kertomulyo
  • Diutamakan mahir dan menguasai Teknik Informasi Komputer
  • Contoh blanko formulir / Surat Pernyataan dapat diambil di kantor Sekrtetariat Panitia di Balai Desa Kertomulyo  (atau download di bawah)
  • Untuk informasi lebih lengkap bisa datang langsung ke kantor sekretariat Panitia di Balai Desa Kertomulyo
  • Semua persyaratan Administrasi dibuat rangkap 2 ( dua )

Materi seleksi meliputi :

  1. Tes Kompetensi Dasar / Tes Potensi Akademik (Pancasila, UUD 1945, Bahasa Indonesia, Pemerintahan Desa, Pengetahuan Umum)
  2. Tes Kompetensi Bidang, menggunakan Computer Assisted Test (CAT).
  3. Tes Praktek.

Silahkan Contoh Surat  pernyataan bisa klik  download  

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar Anda